Minggu, 10 Juni 2012

Cara Melingkari Jawaban LJK Dengan Pensil

       Pensil merupakan alat tulis yang sulit dalam pemakaiannya, tidak seperti Pulpen yang mudah dalam penulisan karena ketebalan tinta yang sama telah diatur. Kesalahan dalam ketebalan dalam melingkari LJK akan membuat hasil yang sangat fatal, karena dapat membuat jawaban anda tidak dapat di baca oleh komputer pengoreksi. CaraCara ada tips nih dalam penggunaan Pensil yang tepat :)



Berikut beberapa tips penting memilih alat tulis sebagai “senjata” pamungkas tembus berbagai ujuan.
1.Untuk pensil, jangan memilih pensil mekanik. Karena pensil mekanik tersebut memiliki lead yang lebih keras sehingga dapat mengakibatkan lembar jawaban sobek dan bergelombang. Maka dari itu, semua bentuk ujian sekarang menggunakan pensil 2B.
2.Lalu perhatikan isi pensil. Jangan memilih isi pensil yang miring karena dapat dipastikan isi pensil tersebut mudah patah ketika digunakan, pilihlah pensil dengan leads tepat di tengah.
3.Selain itu, posisi leads di tengah saja belum tentu menjamin keamanan dan kenyamanan dalam mengerjakan soal. Lihat juga pensil yang isi atau leads yang besar, ini akan mempermudah dan mempercepat dalam melingkari jawaban, dan pastikan isi pensil tersebut memiliki tingkat ketebalan yang sempurna sehingga dari ujung satu ke ujung lain pensil memiliki grade yang sama yaitu 2B.
4.Kemudian yang terpenting, pilihlah isi pensil yang lebih berkilau. Isi pensil yanglebih berkilau akan lebih mudah dibaca oleh scanner saat dilakukan koreksi atas jawaban yang di kerjakan.
Saat mengerjakan soal ujian, dengan terbatasnya waktu pelaksanaan, bisa jadi kita sembarangan atau asal menghitamkan lembar jawab saja. Kesalahan tentu sering terjadi, oleh karenanya kita membutuhkan penghapus. Penghapus yang baik harus berbahan lembut agar tidak merusak permukaan kertas. Jangan sekali-sekali menggunakan penghapus karet (penghapus warna-warni). Ini akan berakibat fatal, penghapus ini akan mengikis permukaan kertas sehingga bila sering di gunakan akan melubangi kertas. Biasanya penghapus meninggalkan debu atau kotoran pada kertas, maka gunakan penghapus khusus ujian yang tidak merusak dan lembar jawaban dapat terbaca oleh scanner.
Saat menghitamkan atau mengarsir jawaban, tentu harus sesuai dengan lingkaran yang disediakan, maka dari itu dibutuhkan juga alat bantu lain seperti penggaris khusus ujian agar jawaban tersebut terarsir dengan benar dan rapi.
Berbagai ujian biasanya diikuti oleh banyak peserta, yang kemudian mengharuskan pelaksanaannya berada di luar gedung (misalnya di stadion). Tempat tersebut tentu tidak di lengkapi oleh meja tulis, maka di perlukan alat tambahan seperti clip board, papan alat tulis atau papan sandang yang sangat membantu dalam mengerjakan soal.
Semoga Ujian kalian lancar... :)

Artikel Terkait

3 komentar:

  1. Kalau kertas nya bergelombang ..apa masih bisa di scan sama komputer nya?

    BalasHapus
  2. kasiannn ga dbalesss:(( @doka11

    BalasHapus
  3. Bagamana carax membedakan pinsil 2B yg asli d palsu kak?

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar :)