Jumat, 15 Juni 2012

Cara Mendapatkan Nilai A di Perkuliahan

A+
Sebagai seorang Mahasiswa Baru tentunya kita ingin memiliki banyak pencapaian. Dengan usaha dan doa, pasti semua itu bisa kita dapatkan. Mahasiswa merupakan generasi bangsa, banyak keinginan yang ingin di capai yang harus diarahkan untuk kepentingan bangsa. Baik pencapaian di bidang Akademis maupun Non Akademis.

Akademis inilah yang kita bahas dalam postingan kali ini. Akademis berarti suatu ilmu yang di dapatkan di dalam sekolah atau perkuliahan. Dimana harus mencermati omongan dari sang Dosen yang mungkin membuat kuping kita panas, atau tertidur pulas .di meja kuliah.

Seoarang yang baru masuk di perkuliahan belum mengenal apapun. Karena memang sistem kuliah sangat berbeda dengan saat di SMA. Sehingga banyak yang terjerumus dan akhirnya hanya menjadi S*mpah. Disini CaraCara akan membagikan Cara bagaimana mendapatkan nilai A di perkuliahan, sehingga dapat membahagiakan orang tua yang telah banyak membiayai kita.

1. Memiliki buku teks, handout kuliah, catatan kuliah senior, baik berupa ebook atau buku cetak.
2. Selalu hadir kuliah dan tidak pernah TA (Titip Absen) , terkadang ada dosen yang tidak mempermasalahkan kehadiran mahasiswa di kelas. Tapi dengan hadir 100 % resiko untuk tidak ikut Quiz mendadak akan kecil.
3. Selalu mengumpulkan tugas tepat waktu baik yang dikerjakan maupun berkelompok ataupun sendiri. 4. Bisa mengerjakan soal-soal yang diujikan dalam Quiz, UTS, UAS. Tidak harus bisa semua setidaknya bisa mengerjakan 80 % saja sudah cukup. Gimana kalau kita tidak masuk dan ada Quiz dadakan? Saran terbaik saya segera hubungi dosen yang bersangkutan untuk minta pengganti. Pengalaman saya ada seorang dosen yang lebih mementingkan kehadiran Quiz tidak pedulu sebagus nilai UTS – UAS dengan kata lain. Bolos Quiz sama dengan nilai D meskipun nilai UTS-UAS 100.
5. Punya koleksi soal UTS-UAS Semester sebelumnya. Memang tidak mungkin jaminan soal semester kemarin akan muncul persis. Tapi saya punya rumus soal yang akan muncul rasionya adalah 20 % soal baru, 20 % soal persis, 60 % soal mirip seperti soal semester lalu. Kalau sudah punya koleksi soal jangan dijadikan bungkus kacang ya tetap harus dicoba dikerjakan ulang.


**Kalau mau lebih maknyus lagi lakukan juga tips berikut:
1. Cari manual solution / kunci jawaban dari soal-soal yang ada di buku teks atau handout kuliah. Tidak menutup kemungkinan dosen mengambil bahan ujian dari buku teks atau handout. Dari mana dapat manual solution ? Tanya Google ! Masih males juga tanya senior, Masih tetep males , drop aja mata kuliahnya!!!
2. Ambil kesempatan untuk maju ke depan. Disela-sela kuliah pasti dosen akan menawarkan ke mahasiswa. “Siapa yang bisa mengerjakan soal di depan?”. Sebagian besar orang akan malas buat maju. Maju saja siapa tahu bisa menambah nilai.
3. Semangat saat kuliah. JANGAN NGANTUK di kelas secara terang-terangan !!


Persepsi dosen terhadap semangat mahasiswa terkadang menjadi pertimbangan saat memberikan nilai. Coba bayangkan kalau Anda jadi dosen dan sekelas mahasiswanya ngantuk semua. Tentu Anda akan illfeel (ilang feeling) buat memberikan nilai A. Tips dari dua jam sebelum kuliah tidur dulu sebelum ikut kuliah yang nota bene dosennya membosankan.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkomentar :)