Senin, 11 Juni 2012

Permasalahan Mahasiswa Baru

Setiap siswa siswi dari masa jenjang SMA, pasti menginginkan untuk mendapat kursi baik di PTN maupun PTS. Banyak jalan telah di tempuh, melalui bimbel, tryout, kerja kelompok, maupun belajar sendiri di rumah. Cara seperti itulah untuk mendapatkan kelulusan ujian masuk PTN maupun PTS, dengan di tambah Doa pastinya serta faktor X mungkin (hehe).

Setelah masa yang di tunggu terlewati, kini saatnya mengcek apakah kita lolos PTN? semoga kalian lulus ya :) mendapati kabar bahagia, langsung kabari sanak famili terkhusus untuk kedua orang tua. Pasti lah mereka bahagia dengan hasil yang kita dapat. Tetapi setelah lolos, apa yang harus di perbuat? Apa langkah selanjutnya? Bagaimana jalan ceritanya Mahasiswa Baru? CaraCara akan memberikan pikiran hidup sebenarnya sebagai suatu pengalaman dalam perkuliahan menjadi MABA ( Mahasiswa Baru)

Nah, berikut adalah masalah-masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa:


1. Dana!!! :x
Pasti, Pasti, dan Pasti. ini lah gerbang yang menyusahkan! di kala perekonomian Indonesia yang carut marut, kenapa suatu perguruan tinggi memberikan biaya yang begitu besar? membebani kedua orang tua. Solusi: biasanya setaip perguruan tinggi mempunyai kebijakannya masing-masing. Seperti UI yang memiliki kebijakan biaya sampai Rp 0,00(nol rupiah) untuk Mahasiswa yang di rasa pantas.
2. Kos --a
Sandang, Pangan, Papan. masalah kedua yang di hadapi MABA adalah PAPAN, yaitu Kos. Bagi yang tempat tinggalnya dekat dengan kampus ya santai saja, tapi bagaimana dengan mereka yang merantau?
Solusi: Datanglah ke Perguruan Tinggi 1minggu sebelum daftar ulang untuk mencari tempat kos yang sesuai selera. Untuk Maba yang akdemis dan tidak ada kendaraan, lebih baik berlokasi dekat kampus :)
3. Adaptasi Lingkungan Baru :)
itu waktunya nunjukin siapa loe!!! :D Bagi yang punya pemikiran untuk berubah dari yang dulu SMA ke masa baru inilah saatnya. cari teman yang banyak. Bagi yang akademis carilah teman yang mempunyai pemikiran sama.
4.Asmara Datang :*
Siapa Asmara? (Anak tetangga. hehe)
Mengenal teman dari berbagai suku bangsa, tidak seperti SMA yang hanya dari daerah terdekat dari sekolah itu. Sehingga kita menemukan seorang bidadari yang baru, lebih menarik, dan lain sebagainya. XD
Solusi: Untuk saat ini, Asmara di nomor buncitkan ya.. jangan sampai menjadi pikiran. Lebih baik mencari teman, berorganisasi, dll. Karena memang berperngaruh sangat buruk, kehabisan banyak uang, banyak waktu, habis pikiran juga.
5. Keuangan ?
Dari permasalahan nomor 1, 2. Banyak uang yang telah diahabiskan.Bagus kalau itu dari uang kita, tapi kan kita pastinya belum mampu secara finansial. Maslah nomor 4, jangan dulu pacaran, cukup menjadi TTM XD
Solusi: ngirit, mita traktir temen, dan juga jagan Pacaran (TTM mode on)
6. Kebersihan :p
beberapa minggu berlalu, kelihatan bagi yang tidak terbiasa sendiri. Kos sperti Kapal pecah. Jangan sampai kondisi itu terlihat oleh kedua orang tua kita ya.
Solusi: Adanya piket kebersihan, karena perkuliahaan hanya hari Senin sampai Jumat saja


Diatas merupakan beberapa masalah bagi MABA pasca lolos SNMPTN. Dan telah disertai solusinya. Untuk permasalahan lainnya, di hadapi dengan bijak ya :)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar :)